Rabu, 03 Januari 2018

Misteri Arung di Desa Langlang

   Di penghujung tahun 2017 kemarin Tim Jelajah jejak Malang Raya melakukan penelitian pada sebuah Arung  Di Desa Langlang. Berikut keterangan dari mereka :
 Arung
Desa Langlang
Kecamatan Singosari , Kabupaten Malang





Di Desa Langlang, Singosari ditemukan Sebuah Arung yg mana didalamnya terdapat 2 Saluran Air. Arung ini terdapat di dekat Gerbang Pintu Masuk Desa Langlang, yg berada di kawasan persawahan. Untuk itu, kami berdua melakukan pengukuran lebar dan tinggi Arung tersebut. Dengan rincian sebagai berikut :
Pintu Arung :
Lebar Bibir Arung : 88 cm
Tinggi Bibir Arung : 80 cm
Saluran Air Arung 1 Bagian Dalam :
Lebar : 40 cm
Tinggi : 1 meter
Saluran Air Arung 2 Bagian Dalam :
Lebar : 45 cm
Tinggi : 1 meter



Kiranya, jika ada yg hendak kesana, sebaiknya berhati-hati, dikarenakan masih sangat rawan dgn banyaknya ular sawah yg sedang caring/kongkow2 di pematang sawah (akses menuju Arung).
Blusuker Jelajah Jejak Malang :
Kawulo Sudro dan Blusukers Malang

===========================

  Belum ada keterangan resmi tentang asal mula dan tujuan pembuatan Arung ini. Keberadaan Arung di wilayah Singosari tidak hanya di Dessa Langlang saja, di Kreweh, Gunungrejo juga pernah ada penemuan semacam gua yang cukup panjang oleh pekerja penggali sumur. .Kemungkinan gua itu juga arung atau mungkin gua tempat persembunyian saja.
   Di sebelah barat Makam Kadipaten, Candirenggo  juga terdapat semacam gua atau arung yang masih belum pernah di teliti lebih dalam  fungsi dari gua tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar