Kamis, 26 November 2015

Desa Dengkol

-Peta Online-

Peta



      Desa Dengkol terletak di sebelah utara Jalan Raya Mondoroko, Singosari. Sebelah barat Desa Dengkol berbatasan dengan Desa Baturetno. Perjalanan yang dapat ditempuh dari Malang Kota kira-kita 45 menit.
      Jumlah penduduk di Desa Dengkol sekitar 9.000 jiwa. Mayoritas penduduk bekerja sebagai petani, peternak, dan pedagang. Petani merupakan pekerjaan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat di Desa Dengkol dengan hasil pertanian berupa padi, jagung, dan cabai.
        Suhu Desa Dengkol yang sejuk antara 17-27oC memang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menggarap ladang pertanian. Jika musim hujan tiba, para petani mulai bercocok tanam dan menunggu hasil panen.
        Budaya agraris masih kental di desa ini. Hal tersebut dapat dilihat dari kios pasar yang menjual alat-alat pertanian tradisional seperti cangkul, sabit, lempak, bajak sapi dll, begitu juga dengan toko-toko yang menjual pupuk, pestisida dan benih unggul. Pada hari Senin dan Jumat diadakan pasar hewan yang menjual sapi potong dan sapi perah di mana para penjualnya (blantik) dapat dikenali dengan mudah karena kebanyakan dari mereka memakai topi koboi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar